Langkah Awal Memulai Bisnis Online

Kadang kebanyakan orang menghitung segala sesuatunya sebelum memulai suatu bisnis. Mereka membuat catatan berapa banyak modal yang harus dikeluarkan, berapa modal yang harus dikeluarkan untuk menggaji karyawan, berapa modal yang harus dikeluarkan untuk menyewa sebuah lokasi, dan berapa modal yang lainya? Seperti itulah biasanya cara kebanyakan orang untuk memulai suatu bisnis.

Coba Anda lihat di luar sana, banyak orang yang telah sukses dan berhasil mengembangkan usaha tanpa modal. Modal yang saya maksud di sini adalah uang

Bob Sadino (pemilik kemchik) hanya memulai dari usaha berjualan telur keliling. Puspo Wardoyo (pemilik ayam bakar wong solo) hanya memulai dari sebuah kios sederhana. Mereka semua mengatakan jangan takut untuk memulai usaha, apabila yakin untuk memulai bisnis maka mulailah.

Seperti halnya dunia offline dan online memiliki peluang yang cukup signifikan apabila di gunakan untuk berbisnis. Banyak cara untuk memulai suatu bisnis di internet. Nah sayangnya, tidak semua orang di internet begitu polosnya dan jujurnya untuk berbisnis dengan Anda. Risiko penipuan sangat marak terjadi di internet, seperti ada yang tertipu mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Saran dari itu semua, untuk memulai bisnis di internet kuasai dulu segala informasinya apabila Anda memang benar-benar awam tentang cara memulai bisnis di internet. Sering-seringlah browsing dan ikutan mailing list. Itu caranya, memang sih kata para pakar, tidak perlu menyiapkan segalanya untuk memulai suatu bisnis. Kalau menurut persepsi yang saya miliki, cara itu hanya di gunakan oleh orang-orang yang memiliki banyak modal dan bagi orang-orang yang gemar berpetualang mencari resiko. Bagi mereka yang beruntung adalah sukses, tapi bagi mereka yang memulai dari modal kecil dan pas-pasan. apalagi jika semuanya gagal dan berantakan mereka akan kapok. Jadi menurut saya kuasai dulu informasi, setidaknya yang sederhana. Jangan sampai awam total.

Resiko memang selalu ada. Tidak ada bisnis yang tak berisiko. Untung maupun rugi usaha yang Anda geluti hanya masalah waktu dan dedikasi Anda dalam berbisnis. Tapi yang terpenting dalam dunia bisnis adalah bagaimana cara kita untuk memulai dengan modal yang serendah-rendahnya, kemudian menjual dengan yang setinggi-tingginya, lalu bagaimana mencari cara ke efektifan dalam berpromosi. (*artikelbisnispemula.blogspot.com)
sumber : Ciputraentrepreneurship.com

No comments:

Post a Comment